Sometimes the answer of all your problems is a massage therapy

 Seminggu terakhir saya merasa beban hidup terasa berat sekali. Masalah kecil dan sepele saja terasa sangat berat. Iya, saya sadar bahwa sedang ada yang tidak beres dalam diri saya. Sudah beberapa hari terakhir ini saya berusaha memperbaiki kondisi kesehatan mental saya. Liburan sudah, makan makanan yang sehat sudah, makan sehat sudah, bergerak sudah, tidur 7-8 jam sudah, tapi masih tetap saja hari-hari terasa berat.

Akhirnya kemarin malam saya memutuskan untuk pijat. Lagian badan ini juga mulai terasa agak sakit di beberapa titik. Rasanya enak sekali ketika dipijat, meskipun sakit di beberapa titik rasanya tetap relaxing. Setelah pijat badan jadi makin sakit semua namun jadi lebih relax. Saya memutuskan untuk mengkonsumsi telur untuk asupan protein guna membangun kembali sel-sel tubuh yang telah rusak setelah pijat. Tak lupa juga minum susu beruang sebagai tambahan protein. Beberapa waktu lalu ketika bangun tidur di pagi hari badan saya terasa lebih enakan setelah malamnya minum susu beruang. Dan satu lagi, vitamin B complex untuk membantu memperlancar metabolisme dan memperbaiki neurotransmiter. 



Paginya saya terbangun dengan nyeri di beberapa bagian tubuh, tidak sesuai ekspektasi memang. Namun ada perbedaan yang saya rasakan, yaitu kondisi mental dan emosi saya jadi lebih stabil. Kebetulan hari ini ada masalah pekerjaan yang membuat banyak orang di tempat kerja jadi stres, tapi saya menghadapinya dengan santai saja. Yup, mungkin fisiknya masih terasa nyeri tapi mentalnya sudah kembali sehat.

Jadi beban stres yang sama jika diterima oleh dua orang dengan kondisi kesehatan mental yang berbeda jelas akan mendapatkan respon yang berbeda pula. Orang dengan kondisi mental yang sehat akan lebih bisa menghadapi beban stres yang diterimanya dengan lebih santai. Sedangkan orang yang kondisi kesehatan mentalnya sedang buruk akan merasa bahwa beban stres yang dia terima sangatlah berat.

Ingat bahwa kondisi fisik bisa mempengaruhi kondisi psikologis, dan kondisi psikologis pun juga bisa mempengaruhi kondisi fisik. Jadi ketika stres berat belum tentu juga yang kita butuhkan itu adalah hiburan, mungkin saja yang kita butuhkan hanyalah pijat. Pijat membuat badan jadi lebih relaks, peredaran darah jadi lancar, akhirnya mendukung tubuh untuk membentuk kondisi psikologis yang lebih baik.

Komentar